pradna.com – Ini adalah Realme Pro+ seri angka paling baru, yang sudah di angka kesembilan aja. Ada sebutan menarik untuk hp ini, Realme 9 Pro+ ini punya sebutan “Flagship in Midrange”. Flagship kelas menengah… Euww, bukannya flagship ya flagship, midrange ya midrange? Sampai sekarang aja orang masih debatin arti flagship itu apaan.

realme 9 pro+
Kesan pertama Realme 9 Pro+

Ada yang bilang flagship itu harganya harus mahal, 10 juta keatas. Ada yang bilang flagship itu HP terbaik dari suatu brand. Ini realme malah bikin istilah sendiri lagi yaitu flagship in midrange.

Dari Realme Indonesia menjelaskan kenapa mereka pakai istilah flagship in midrange ini. Karena Realme 9 Pro+ ini bakal dijual dengan harga midrange 5 jutaan, tapi dia punya desain ala flagship, performa ala flagship, kamera ala flagship. Sampai mereka berani bandingin hasil kameranya sama flagship 10 juta ke atas, kayak Xiaomi 12, Galaxy S21 Ultra sama Google pixel 6.

Oh ya, selain Realme 9 Pro+ ini ada juga Realme 9 Pro ya. Kalau yang 9 Pro aja harganya 3 jutaan dan gak bakal 3.999 kata Realme.

Spesifikasi Realme 9 Pro+

realme 9 pro+
Kotak Realme 9 pro+

Mulai dari desain kotak bungkus hp-nya. Yang menarik dari desain kotaknya, sudah ada perubahan ya dari yang biasanya cuma satu angka aja, polos, cuma ada angka Realme-nya. Tapi kali ini dibikin lebih dinamis. Di pojok atas ini ada tulisan 5G. Tentu aja sekarang 4 jutaan sudah ada 5G. Kemudian ada 9 Pro+ Realme. Terus di kotak sebelah sampingnya ada Realme 9 Pro+ 5G.

realme 9 pro+
Kamera Realme 9 Pro+

Di bagian belakang kotaknya, ada fitur-fitur andalan yang dibilang Realme. Yaitu kamera flagship-midrange : Sony IMX766 OIS Camera. IMX766 memang banyak dipakai di HP 10 juta ke atas sih , dan ada di hp midrange juga. Tapi hp midrange yang pake IMX766 yang ada OIS, itu kayaknya belum ada deh. Setahu saya ini yang pertama.

Terus di sini ada Dimensity 920 5G prosesor. Ini ya kata Realme performanya flagship tapi 500 ribuan AnTuTu, ya okelah. Trus di sini ada Superdart Charge. Ada 90Hz Super AMOLED Display. Warnanya Sunrise Blue dan Aurora Green. Jadi warna basicnya itu biru sama warna hijau.

Di dalam kotaknya ada casing, yang sudah langsung menunjukkan bagaimana bentuk modul kameranya kayak gimana. Kemudian ada buku petunjuk, ada juga SIM ejector. Terus, tentu ada hp-nya sendiri. Di bawah hp, ada charger dan kabel SuperDart 60 watt. Ini yang menjadi khas-nya Realme, udah kasih Superdart charge. Walau biasanya 65 watt, tapi ini 60 watt. Harusnya ga jauh beda. Kabel charger-nya USB A to USB C.

Kembali ke hp-nya. Ini kerasa lumayan tipis. Realme sendiri mengklaim kalau hp ini memang Realme seri angka yang paling tipis. Dibawah 8 mm!

Kalau nggak salah waktu itu Realme 6 dia lebih tebal, kemudian Realme 7 agak lebih tipis tapi tetep di atas 8. Berikutnya, Realme 8 kemarin masih 8,1. Kalau Realme 9 Pro+ ini sudah 7.9 mm, dan kalau dipegang memang berasa tipis sih.

Ini warnanya Sunrise Blue. Jadi mungkin Realme bilang kalau langit yang mataharinya baru terbit warna-nya kayak gini ya, dan lumayan cakep sih. Warnanya, gradasinya, ada garis-garis ke bawah gini. Ini memang khas Realme sejak dari Realme 6 kalau nggak salah.

realme 9 pro+
Warna Realme 9 pro+ Sunrise Blue

Dan khusus buat varian Sunrise Blue ini, kalau misalnya kena paparan sinar matahari, nanti belakangnya bakal berubah jadi warna merah. Di bagian atas ada kamera 50MP, yang udah ada OIS-nya yang pakai MX766 tadi. Terus ada kamera ultrawide 8 MP dan ini, yah sebagai pelengkap aja. Yaitu ada kamera makro 2 MP.

Di body sebelah kanan ada tombol power, di bagian atas ada mikrofon, di sebelah kiri ada tombol volume. Terus di bagian bawah ada : Headphone Jack, ada microphone, ada speaker, dan port USB type C.

Ini udah pakai android 12 dan sudah pakai Realme UI 3.0. Ketika pertama kali dinyalakan, disambut dengan tulisan “Hello” yang cukup kelihatan beda. Yaitu di belakang tulisan “Hello”-nya ada tulisan-tulisan tipis dalam bahasa lain, walau tidak ditunjukkan.

Dari penampilan paling awal dari Realme 9 Pro+, yang udah pakai Realme UI 3 sama Android 12, kalau dari depannya kelihatannya sama-sama aja sih. Icon-icon nya masih bulet-bulet. Tapi kalau kita swipe menu bagian atasnya, shorcut-nya kelihatan lebih gede. Dan jaraknya kelihatan lebih lebar juga.

Selain itu, icon-icon-nya juga terasa lebih enak. Memang terasa ada perubahan di bagian icon. Jadi agak beda dibandingin yang Realme UI sebelumnya. Perubahannya kerasa cuma nggak jauh banget sampai bikin Realme UI yang sebelumnya kelihatan asing gitu.

Ini layarnya pakai AMOLED ya, ukurannya 6,4 inci, refresh ratenya itu 90hz, terus dia pakai kaca Gorilla Glass 5, sama ada in-display fingerprint juga. Cuma yang uniknya, Realme ada bilang kalau fingerprint-nya itu sensornya bisa ngebaca denyut jantung. Seperti ini dulu kayaknya ada, tapi ada di bagian belakang dan kalau di bagian in display sensor fingerprint seperti ini kayaknya baru kali ini ya?

Fitur ini ada di bagian Lab. Bisa diakses di menu Setting, masuk ke Realme Lab, dan pilih Heart rate measurement. Buat cek heart rate-nya, hanya perlu menempelkan jarinya di fingerprint sensor yang ada di layar selama 15 detik untuk mendapatkan hasilnya. Hasilnya dimunculkan sekaligus dengan beberapa menu recordnya.

Ya walaupun orang mungkin bakal lupa sama fitur satu ini, karena fitur utamanya itu memang fingerprint yang biasanya kita pakai buat ngebuka layar doang (dan ini speednya kenceng). Tapi tetap saja itu fitur yang unik, yang bisa kita coba-coba kalu misalnya lagi iseng atau lagi kepo aja, pengen tahu detak jantung kita.

Bicara baterai, untuk hp setipis ini, dibenamkan baterai berkapasitas 4500mAh, dan udah disupport charge 60 watt tadi.

Terus apalagi ya? Buat variannya sendiri dia ada yang 8/128 GB sama 8/256 GB. RAM 8Gb ini sudah ada fitur Dynamic RAM expansion juga, bahkan sampai 5 GB!

Dan buat kameranya sekarang kita coba tes sedikit aja. Contoh foto-foto lengkapnya nanti bakal ditayangkan di tulisan review-nya. Dari sedikit sampel ini kelihatannya lumayan meyakinkan sih.

Dan kalau lihat gambarnya jelas tajam dan buat kondisi di dalam ruangan seperti ini, dapat warnanya enak, terang, dan detail-nya dapat juga. Tampak menjanjikan untuk hasil foto flagship-nya Realme. Cuma ya kita harus lihat hasil fotonya lebih baik lagi!

Ya buat sekarang sih Hp-nya kelihatan meyakinkan sih kalau dibandingkan dengan seri-seri Realme sebelumnya. Dia keliatan beda banget mulai dari desain-nya, dia udah jauh lebih tipis tapi tetap mantab feeling-nya ketika digenggam. Lalu layarnya juga kelihatan enak, juga Realme UI-nya yang bagus. Kameranya juga kelihatan meyakinkan, dan performanya bakal kita tes sampai grafik-grafiknya di tulisan review-nya.