Kuliner Malam Golang-galing Super khas Banyumas

Tiap daerah bisa jadi mempunyai sebutan sendiri untuk kuliner satu ini. Bisa jadi disebut roti bantal, bolang-baling, roti gembuk, odading, atau bahkan di daerah Banyumas sendiri ada yang menyebut galundeng ada juga yang bilang golang-galing. Setidaknya demikian komentar-komentar teman, ketika saya mengunggahnya di sosial media.

Demikianlah, saya memang sempat mengunggah beberapa dokumentasi ketika sedang melakukan pengambilan video untuk Produk Banyumas di Golang-galing Super Tjap Leo, Banyumas. Tepatnya di Jalan Mruyung, Banyumas. Belakang gerai Rocket Chicken dan sebelah timur, tidak jauh dari galeri Batik Hadipriyanto (Batik Mruyung).

kuliner malam banyumas golang-galing tjap leo
Shooting kuliner malam Banyumas Golang-galing Super tjap Leo

Hari Minggu, 24/10-2021, selepas Maghrib, bersama dengan admin akun Instagram @infopurwokerto, meluncur dari Purwokerto ke Banyumas. Tidak sulit mencari tempatnya. Begitu masuk Jalan Mruyung, dari arah Purwokerto, menempati bangunan berupa warung, Golang-galing Super Tjap Leo berada di kanan jalan (sebelah utara jalan).

kuliner malam banyumas golang-galing tjap leo
Proses mengulen adonan golang-galing khas Banyumas

Bertempat di warung itu juga, aktivitas dimulai mengulen adonan pukul 18 sampai selesai pukul 19. Kemudian di-resting selama 1 jam. Setelahnya, adonan tepung dibuat menjadi lembaran untuk kemudian diatasnya diberikan lembaran adonan gula merah. Lembaran ini ditutup dengan selembar adonan tepung lagi. Jadi total ada 3 lapis : adonan tepung, adonan gula jawa, dan adonan tepung lagi. Tumpukan adonan ini kemudian dipotong-potong sesuai ukuran, besar dan kecil. Proses selanjutnya adalah menggoreng, meniriskan dan menyajikan ke pembeli.

kuliner malam banyumas golang-galing tjap leo
Menggoreng adonan golang-galing, 1 potong membelah jadi 2 potong

Hal unik saat menggoreng adalah ketika potongan, baik yang kecil atau yang besar, membelah diri di penggorengan. Jadi, 1 potong adonan bisa menjadi 2 potong.

kuliner malam banyumas golang-galing super tjap leo
Pembeli antri menunggu golang-galing tjap Leo Banyumas selesai digoreng

Ada pemandangan menyenangkan di sini, yaitu 15 menit sebelum golang-galing matang, ternyata sudah banyak pembeli yang rela antri menunggu roti bantal ini selesai digoreng.

Luar biasanya lagi, usaha golang-goling ini baru berjalan 3 bulan!

kuliner malam banyumas golang-galing tjap leo
Hani pemilik Golang-galing Super tjap Leo

“Sebelumnya saya usaha katering, tapi akhirnya terdampak pandemi juga, mau tidak mau harus bertindak cepat berganti usaha untuk bertahan hidup. Akhirnya, bersama suami yang memutuskan untuk resign dari tempatnya bekerja, membuka usaha golang-galing ini,” tutur Hani, pemilik Golang-galing Tjap Leo.

“Mulai buka di bulan Juli 2021. Awalnya di sini cuma sebagai tempat produksi saja, untuk kemudian didistribusikan ke pedagang-pedagang golang-galing yang menjualnya di keesokan harinya. Tapi kemudian, ada beberapa orang yang ingin tahu, ini tempat apa? yang kemudian mereka beli mengecer, 5 ribu, 10 ribu. Kok terus makin banyak pembeli eceran seperti ini, akhirnya, yang tadinya tempatnya tertutup, jadi kita buka model warung seperti ini. Dan sekarang sudah jadi kuliner malamnya Banyumas,” ujar Hani melanjutkan ceritanya.

Menurut Hani, yang menjadi kekhasan dari golang-galing Banyumas adalah penggunaan gula merah. Sedangkan untuk sejenis roti bantal di daerah lain, menggunakan gula pasir.

Penggunaan gula merah ini, menjadikan rasa karamel di setiap gigitan Golang-galing Banyumas terasa lebih legit.

kuliner malam banyumas golang-galing tjap leo
Topping golang-galing tjap Leo khas Banyumas

Selain rasa original, di Golang-galing Tjap Leo ini, pembeli bisa meminta topping aneka rasa. Mulai dari coklat, tiramisu, strawberry, blueberry, mangga, taro, red velvet, juga green tea.

Harga normalnya, untuk yang potongan kecil dijual seribu rupiah per potong, dan potongan besar seharga Rp. 2.000 per potong. Jika menginginkan tambah topping, dikenakan tambahan seribu rupiah per topping.

Satu yang terus menjadi pertanyaan saya dan teman lainnya sebelum berangkat ke golang-galing khas Banyumas ini: kalau buat dijual besok, kenapa digoreng dan matangnya malam sebelumnya?

Pertanyaan tersebut terjawab langsung oleh Hani, sang pemilik golang-galing super, “Karena golang-galing itu lebih enak kalau diinepin semalem.”

Oooh… dan memang sih, rasa ketika baru selesai digoreng (masih hangat) dan keesokan harinya memang beda. Jauh lebih enak ketika dimakan besoknya.

Bisa jadi, para pembeli yang rela antri malam harinya, beli untuk dinikmati besoknya atau besoknya lagi atau buat oleh-oleh ke luar kota… karena Golang-galing Super Tjap Leo bisa tetap enak sampai 4 hari.

Mantab!

Tonton video liputannya di :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.