Review Samsung Galaxy A52s 5G

Jika Anda sedang mencari ponsel dengan budget 5 jutaan, salah satu hp yang selalu bisa menjadi pilihan adalah Samsung Galaxy A52. Karena ponsel ini masuk kategori yang aman banget untuk semua orang.

Sebut saja : mereknya Samsung, kameranya bagus dan sudah ada OIS, desainnya juga kelihatan lumayan unik. Simpel tapi bisa keliatan beda dari yang lain. Batrenya awet, layarnya bagus, UI-nya aman. Dan tentu saja, yang masih belum bisa dilawan brand lain, rating IP67 yang bikin hp-nya jadi tahan air. All rounded banget.

Cuma harus diakui, performa mesin dari Galaxy A52 yang menggunakan Snapdragon 720G, bisa dibilang standar saja.

Buat main game-game mainstream masih enak. Mobile Legends lancar, PUBG mulus, tapi kalau untuk memuaskan gamer hardcore yang selalu menuntut performa gaming tinggi, Galaxy A52 menjadi kurang menarik.

Maka tidak mengherankan jika kemudian Samsung mendatangkan seri Galaxy A52s 5G, dengan spek yang lebih dipoles lagi. Kali ini, sudah memakai chipset baru yang lagi populer, Snapdragon 778G yang performanya jauh lebih tinggi dari Snapdragon 720G.

Kalau kita menggunakan patokan skor AnTuTu 9, bedanya bisa sampe 50%. Perbandingannya, skor yang didapatkan Galaxy A52s 5G ini bisa mendekati 500 ribu atau bahkan lebih. Sementara skor tipikal buat 720G itu sekitar 340 ribuan.

antutu samsung galaxy A52s

Kalau dites di Geekbench 5, skor single core 778G juga terasa peningkatannya.
Skor Geekbench yang didapat di A52S ini ada di 760an poin, bedanya sekitar 35% . Kalau multicore malah beda 60% lebih.

Kalau disederhanakan, mesin yang ada di Galaxy A52s 5G ini 50% lebih kenceng dari mesin yang ada di Galaxy A52 reguler.

Pengalaman main game-nya pun otomatis jelas beda ya. Berikut perbandingannya :

Kalau di Galaxy A52 biasa, untuk main PUBG mentoknya di smooth ultra saja. Sedangkan di Galaxy A52s 5G, settingannya bisa dinaikkan lagi ke smooth extreme. Artinya itu ada ekstra 20 fps tambahan biar feel gamingnya lebih mulus lagi. Kalau mau digas pol, bisa sampe HDR Ultra, tapi maksimal hanya 40 fps saja, karena itu memang batas settingan ultra.

Sementara kalau buat game-game yang super berat, seperti Genshin Impact, juga bisa dihandle si naga 778G dengan gampang. Tapi tentu ekspektasi harus disesuaikan. Buat saya, paling sweet spotnya sih di preset medium 60 saja. Dia bisa dapet kurang lebih 40 fps. Gambar bagus, frame rate enak. Dan yang tidak kalah penting, suhunya juga tida bikin tangan sakit. Kalau mau dapat 50 – 60 fps, kita bisa set ke preset lowest , tapi gambar menjadi kurang sedap dilihat. Tinggal disesuaikan dengan selera sendiri.

Samsung sudah tepat sekali, memakai Snapdragon 778G buat mengupgrade Galaxy A52s 5G ini. Kelas chipsetnya masih midrange, agar bisa tetap terjaga di harga midrange juga, tapi performa yang dikasih sudah ala-ala flagship 2 tahun lalu. Sudah 5G pula, biar futureproof.

Masih soal mesin, Samsung Galaxy A52s 5G ini cuma punya satu varian memori internal saja. Yaitu memori internal 256GB dan RAM 8GB, biar sekalian langsung yang maksimal saja. Kalau di Galaxy A52 reguler, kita dikasih pilihan internal 128 ato 256GB. Sedangkan, sekali lagi, untuk Galaxy A52s 5G ini wajib 256GB, langsung auto yang tinggi .

Kemudian, berbicara tentang RAM, di Galaxy A52s versi baru ini, Samsung mengenalkan fitur yang dinamakan RAM Plus. Ketika pertama hp-nya diupdate, maka muncul keterangan mengenai tambahan fiturnya ini. Fungsinya untuk menambahkan virtual RAM up to 4GB. Ini fitur yang mirip seperti hp kekinian yang lain. Merupakan fitur yang sedang hits. Bedanya, kalau di Samsung sistemnya otomatis menyesuaikan dengan pola pake usernya. Jadi pengguna tidak perlu bolak-balik menghidup matikan fiturnya lagi.

Layarnya tetap menggunakan Super AMOLED. Ukurannya juga tetap sama, 6,5 inchi dengan resolusi Full HD+ . Kaca yang dipakai adalah Corning Gorilla Glass 5. Sedangkan refresh rate-nya sudah dinaikkan menjadi 120Hz. Lebih kencang dari A52 yang sebelumnya di 90Hz. Ini membuat scrolling-scrolling di hp jadi berasa lebih mulus lagi.

warna hijau samsung galaxy A52s

Tujuan hp ini memang serba dibikin lebih kenceng dari sebelumnya ya. Juga lebih segar soal pilihan warna. Karena di Galaxy A52s kali ini, ada pilihan warna Awesome Mint. Hijau-hijau pastel seperti ini. Di Galaxy A52 reguler tidak ada warna ini. Tapi sebaliknya, di Galaxy A52s 5G tidak ada warna biru. Warna biru hanya ada di versi reguler saja.

Demikianlah bagian-bagian yang beda dari Samsung Galaxy A52s 5G kalau dibandingkan dengan A52 reguler. Mesin yang lebih kencang, varian memori internal yang auto lebih besar, ada RAM Plus, refresh rate lebih kencang, juga warna baru. 5 poin itu.

Sisanya sama.

Apa yang sudah bagus dari awal, tidak disentuh lagi oleh Samsung. Dan itu memang tidak diperlukan. Misalnya rating IP67 yang bikin A52 jadi beda dari ponsel yang lain, tentu tetep dipertahankan di A52s. Silakan dicelup-celupkan saja ke air, itu tidak jadi masalah.

Daya tahan batere 4500mAh nya juga tetap aman untuk dipakai seharian. Digunakan main Mobile Legends 30 menit berkurang 7%; PUBGM 30 menit berkurang 8%, terus main Genshin Impact 30 menit berkurang 10%. Sedangkan mengisi batrainya butuh waktu satu setengah jam buat ngisi dari 0 sampe penuh.

Buat kameranya juga, dari resolusi sampe ke fitur, semua tetap dipertahankan. Alias sama. Mulai dari resolusi sampe ke OIS, sama persis. Warna hasil kameranya tetap enak diliat, detil dapat, low lightnya tajam dan terang juga. Tidak terasa ada yang beda dengan versi sebelumnya.

Di Galaxy A52s ini memang tidak kerasa ada yang dikurangi. Hanya saja yang terasa lebih berat, tentu ada diharganya. Memang, dengan sejumlah peningkatan seperti itu, tidak mungkin harga keduanya sama. Untuk harga resminya, Samsung Galaxy A52s 5G ini dijual dengan harga 6,5 juta rupiah. Selisih 1 jutaan dengan harga pasaran A52 reguler sekarang. Masih masuk akal dengan upgradenya.

Kalau Anda dapat di harga 6,5 juta, coba pertimbangkan apa yang Anda butuhkan? Kalau misalnya Anda tidak butuh untuk main game berat, atau belum butuh koneksi 5G, tidak terlalu suka dengan warna barunya, dan refresh rate 90Hz saja sudah terasa cukup kencang. Akan lebih bijak untuk milih A52 reguler saja. Karena, berhemat itu asik.

Jadi kesimpulannya, kehadiran A52s ini sama sekali tidak bikin A52 reguler jadi panik lah. Karena dari awal kualitasnya memang sudah di level recomended. Galaxy A52s 5G ini lebih sebagai pelengkap saja, jadi versi yang serba maksimal. Handphone ini jadi jawaban dari Samsung untuk Anda yang awalnya memang sudah suka sama A52 reguler, tapi masih ragu karena performa dan juga koneksi 5Gnya yang masih belum ada.

Itu saja sedikit review Samsung A52s 5G. Semoga bermanfaat

Harga Resmi Samsung Galaxy A52s 5G : Rp 6.499.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.